Hasil riset Alexa Web Company, sebuah lembaga independent yang berkecimpung di bidang pengamatan traffic (tingkat penggunaan) situs internet:
Facebook
-. Pengguna di Indonesia menduduki peringkat ke-5 sebesar 4%.
-. Pengguna di Indonesia menduduki peringkat pertama sebesar 29.6%
-. Untuk negara berkembang, Indonesia menduduki peringkat pertama
-. Jumlah pengguna besar, ditaksir mencapai 300 juta orang
-. Message tidak terbatas, bisa dibuat sepanjang-panjangnya
-. Penyebarannya relatif luas
-. Salah satu media komunikasi untuk branding
-. Mengusung konsep one stop all atau one stop shopping karena bisa memuat apa saja
Twitter
-. Meningkat signifikan dalam tiga bulan terakhir.
-. Mei 2009, peringkat 77 dalam situs terpopuler di Indonesia
-. Juli 2009, posisinya menjadi peringkat 33, tidak mustahil masuk ke dalam peringkat 10 besar bulan depan
-. Menurut google peningkatan dalam beberapa bulan ini karena makin banyak brand lokal yang membuka account twitter sebagai media komunikasi dengan konsumen
-. Format twitter lebih sederhana daripada facebook, yakni mikroblog dimana pengguna hanya dapat mengirim data up date dengan panjang maksimal 140 karakter
-. Twitter.com memprediksi pengguna di Indoensia bakal melonjak mencapai 700.000 pengguna.
-. Rata-rata pengguna menggunakan 275 hari dalam setahun.
-. 35% nya memiliki kurang dari 10 pengikut.
-. Trafic tertinggi hari Rabu dan Kamis, dan turun sekitar 30% pada akhir pekan
-. Jumlah pengguna relatif sedikit, tidak sampai 60 juta orang
-. Image terbatas, pesannya harus singkat, maksimal 140 karakter
-. Penyebaran pesan terbatas dan cenderung sempit
-. Platform baru untuk mengembangkan produk
-. Mengusung konsep pesan yang selektif karena keterbatasan space karakter
Source: Majalah MIX edisi October 2009
Seminar Nasional Statistik STIS, 3 Oktober 2011
13 years ago
No comments:
Post a Comment