Tuesday, December 8, 2009

The Six Social Needs

Dengan maraknya medium baru yang bernama social media kini dikenal apa yang disebut “human social needs” yang digagas oleh Communispace, perusahaan riset yang mengkhususkan diri pada riset komunitas online. Menurutnya, konsumen akan berusaha memenuhi kebutuhan sosialnya melallui social networking. Perusahaan yang mampu memahami perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan dasar tersebut secara lebih baik akan punya kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan pemasaran.

Keenam kebutuhan tersebut adalah:
1. Expressing personal identity. Kebutuhan untuk mengekspresikan diri, bisa berupa penampilan, pemikiran, suasana hati, hingga detail kehidupan sehari-hari.

2. Status and self esteem. Kebutuhan akan mendapatkan otonomi personal, pengakuan diri dan pencapaiannya diapresiasi orang lain yang menjadikan kehidupan mereka lebih baik.

3. Giving and getting help. Kebutuhan untuk mendapatkan dan memberi bantuan kepada sesama.

4. Affiliation and belonging. Kebutuhan menemukan dan menjalin hubungan dengan orang lain yang memiliki minat yang sama, orientasi dan tujuan yang sama.

5. Sense of community. Sense of belonging atau keinginan untuk berafiliasi dengan orang lain tidak dengan sendirinya memunculkan sense of community, karena untuk mencapai hal itu harus ada hubungan jangka panjang dan komitmen timbal balik terhadap kebutuhan komunitas secara keseluruhan.

6. Reassurance of value and self worth. Kebutuhan akan adanya keyakinan dan jaminan bahwa apa yang telah kita lakukan berharga dan memiliki nilai di mata orang lain.

Kesimpulannya adalah marketer harus menyikapi setiap pelanggan sebagai member dalam sebuah komunitas. Keenam kebutuhan sosial tersebut bisa dipakai sebagai dasar dalam meneropong secara lebih dalam dan tajam psikografi dan perilaku pelanggan.


Source: New Wave Marketing, Hermawan Kertajaya

No comments: