Sunday, August 23, 2009

Edukasi Pasar

Mendrive market memang bukan perkara gampang, apabila dilakukan setengah hati, efeknya bisa fatal. Edukasi adalah tantangan terbesar dalam membuka pasar. Menurut pengamat marketing dari IBII Consulting, Darmadi Durianto, dalam men-drive market, tentunya butuh edukasi yang berhasil jika dirasa masuk akal oleh konsumen. Konsumen tidak akan percaya bila apa yang ditawarkan ternyata tidak masuk akal, dan tidak mempunyai apa-apa. Hal lain yang dirasa penting adalah kuantitas dari edukasi tersebut harus cukup. “Sampai di mana efektivitasnya tergantung sulit atau tidaknya edukasi itu, karena ini masalah dana”, ujar Darmadi.

Hal lain yang perlu diperhatikan pemasar terletak pada kualitas edukasi-bagus tidaknya edukasi yang dilakukan. Cara yang ditempuh Lotte Xylitol merupakan langkah inovatif dan cukup berani. Hanya saja, Darmadi menitikberatkan soal strategi campaign-nya. ”itu kurang mengena. Lebih baik menekankan pada aspek kesehatan gigi dan mulut, daripada dimakan sehabis gosok gigi”, ujar Darmadi menambahkan. Lalu apa yang membuat produk ini akan sukses besar di pasar ? Dengan mantap Darmadi menyarankan agar produsen menekankan sisi diferensiasi yang tepat dan mengena.


Sumber: Majalah MARKETING, 03/VII/Maret 2007

No comments: