Sunday, August 23, 2009

Mendapatkan Segitiga Sukses

Rahasia sukses ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dikerjakan, intinya adalah melakukan hal-hal dasar dengan benar. Sebenarnya, melakukan hal-hal dasar dengan benar adalah sesuatu yang paling sulit dilakukan. Menguasai beberapa “trik” itu mudah, tetapi untuk dapat menguasai hal-hal dasar jauh lebih sulit. Apabila sudah menguasai hal-hal dasar, anda akan lebih kompeten dalam banyak hal seumur hidup anda. Jadi, ini benar-benar layak untuk diperjuangkan karena imbalannya berlaku seumur hidup dan jangka panjang.

Jerry Clark (seorang pelatih performance) menjelaskan bahwa kesuksesan dalam bentuk “segitiga sukses”. Ketiga hal tersebut adalah menguasai komunikasi eksternal, komunikasi internal, dan pengetahuan teknis. Menguasai sesuatu berarti anda sudah memilikinya di dalam diri dan dapat menggunakannya kapanpun diperlukan, ini berarti anda punya “kendali”. Untuk dapat menguasai, mengendalikan dan menggunakan kapanpun kita inginkan biasanya membutuhkan empat hal berikut:

1. Waktu, dalam banyak hal, anda tidak dapat menguasai sesuatu dalam sekejap. Membutuhkan jangka waktu tertentu, mungkin 1 bulan, 1 tahun, 5 tahun atau bahkan seumur hidup. Semuanya tergantung dari hal-hal yang ingin kita kuasai dan seberapa baik menguasainya.

2. Energi, untuk menguasai sesuatu diperlukan energi dan tenaga. Tidak ada yang berharga yang dapat diraih secara instan. Perlu diingat bahwa energi disini bukan hanya usaha tetapi termasuk didalamnya adalah uang. Seringkali untuk mendapatkan kesuksesan kita hrus mengeluarkan uang terlebih dahulu, baik untuk membeli buku tau hal –hal lain yang menunjang keberhasilan.

3. Frustasi, perjalanan untuk mendapatkan sesuatu seringkali penuh dengan frustasi. Tidak ada hal hebat yang datang dengan mudah, oleh karena itu mengapa jarang ada orang yang bisa mencapai sukses. Banyak orang yang tidak siap melewati proses frustasi (dan ”penderitaan”).

4. Berubah, inilah yang penting dari semuanya. Banyak yang ingin sukses tetapi tidak siap dalam hal berubah. Antara lain berubah dalam hal berikut ini:
a. Berubah dalam cara mereka berpikir tentang mereka.
b. Berubah dalam cara mereka berpikir tentang sukses.
c. Berubah dalam cara mereka bekerja, taktik,”gaya”, dan lain-lain.
d. Berubah dalam cara kebiasaan dan rutinitas.
e. Berubah dalam cara berpakaian, berbicara, dan lain-lain

Banyak orang yang ingin menikmati hasil yang lebih baik tetapi tidak siap untuk berubah.


Sumber: James Gwee T. H. MBA, dengan modifikasi oleh Krisna Rahmantya

No comments: